-->

Pola Makan Sehat | 4 sehat 5 sempurna

Apakah kalian tahu kenapa kita harus makan? Semua orang pasti mengetahuinya, yaitu untuk memenuhi energi kita dalam melakukan aktifitas sehari hari. Tanpa makan kita akan merasa lemas, meskipun anda menggantinya hanya dengan minum, itu hanya akan menunda rasa lemas atau lapar hanya dalam beberapa saat saja. Makanan yang kita makan, akan diubah oleh tubuh kita menjadi sebuah energi,karena makanan ini sangatlah penting, maka kita harus menjaga pola makan kita agar mendapatkan pasokan gizi yang baik, bukan malah membuat kita sakit.
Baca Wawasan

Pola Makan Sehat
Dari kecil kita diajari tentang istilah 4 sehat 5 sempurna. Masih ingatkah anda tentang kaliamat tersebut? Kalimat tersebut adalah istilah menu makanan sehat yang kita harus makan setiap hari. $ sehat 5 sempurna ini jika diuraikan ialah komposisi keseimbangan gizi yang terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk, buah, dan susu.

Makanan Pokok
Makanan pokok disini lebih ditujukan kepada makanan yang mengandung lebih banyak karbohidrat, seperti:
1. Nasi
2. Jagung
3. Gandum
4. Singkong, kentang, dan beberapa jenis umbi umbian lain.

Sayuran
Sayur sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau. Sayuran hijau banyak mengandung Sulfarophane, isothiocynate yang berfungsi meransang komponen pemecah unsur kimia penyebab kanker. Sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat menjadi pelindung dari radikal bebas. Selain manfaat tersebut,bebrapa sayuran juga mengandung protein,asam amino, dan serat yang baik untuk tubuh kita.

Lauk
Lauk dalam 4 sehat 5 sempurna lebih di kategorikan kepada lauk yang mempunyai banyak sekali protein. Protein berfungsi sebagai pembentuk sistem imun serta penyeimbang kerja hormon. Dalam kategori orang yang alergi terhadap protein tinggi, bisa digantikan dengan lauk yang mengandung protein yang cukup.
Contoh lauk yang mengandung protein antara lain:
1. Daging
2. Ikan
3. telur

Buah
Buah adalah salah satu makan yang banyak disukai oleh sebagian banyak orang. Buah mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk tubih kita.
-Buah berwarna merah mengandung banyak hesperidin dan asam ellagic yang bisa mencegah radikal bebas dan kanker.
-Buah berwarna kuning mengandung kalium, beta karoten, dan vitamin C.Kalium yang ada di buah berwarna kuning bisa melancarkan sistem metabolisme dan menurunkan tekanan darah tinggi.
-Buah bewarna hijau mengandung beta karoten, folat, vitamin C, dan kalsium. Vitamin yang ada dibuah sangatlah baik untuk kesehatan tubuh,melawan radikal bebas, menurunkan kolestrol.
-Buah yang berwarna ungu mengandung banyak magnesium yang bisa memperkuat sistem kekeabalan dalam tubuh.

Susu
Susu yang kandungannya berasal dari bahan hewani bisa memperkuat tulang dan meningkatkan energi. Sedangkan susu yang berasal dari nabati, mengandung sedikit lemak yang baik untuk menurunkan berat badan saat diet. Susu juga mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh kita.
Beberapa contoh susu adalah:
- Susu kedelai
- Susu sapi
- Susu kambing (Jenis kambing khusus)
- Susu almond
- Susu Kerbau ( Jenis kerbau khusus)
Disqus Comments