-->

Takut untuk bisnis online?

Ingin berjualan barang tetapi belum tau harus mulai dari mana?

Ketika kita mendapat gagasan atau ide untuk memulai sesuatu, ada saja penghalang untuk merealisasikan, entah itu sifat malas kita, lokasi, biaya, atau yang lainnya. Kini kita akan bahas soal berbisnis Jual beli barang. Pada era sekarang, para kalangan muda sebagian besar lebih memilih untuk membeli barang dari situs online ketimbang datang langsung ke tokonya, hal ini memang ada alasannya, apakah lokasinya terlalu jauh, lagi sibuk, ingin yang lebih ringkas, malas keluar rumah, dan lain-lain. Bisnis online sekarang menjadi prima dona dikalangan produsen produsen global, jadi fenomena ini tidak hanya terjadi di indonesia saja. Peluang ini sangat dimanfaatkan oleh para produsen untuk memasarkan produknya secara cepat dan tepat, tidak hanya produsen besar yang ikut serta dalam bisnis online ini, banyak juga produsen rumahan yang ikut serta meramaikannya, hal ini karena sifat jual beli online ini umum, siapa aja "bisa jual".
Baca Wawasan

Produk

Dalam berbisnis online, kalian harus memiliki sebuah produk terlebih dahulu. Produk bisa kalian dapat dari membuat barang sendiri atau bisa juga menjadi reseller produsen lain. Untuk reseller, tentu bayaran kalian tidak sebesar jika kalian membuat sendiri. Dikarenakan, ada sistem reseller yang memberikan komisi jika target penjualan produknya sudah tercapai, dan sisanya diberikan ke kalian, ada juga yang sistemnya bebas. Sistem ini sepenuhya diserahkan ke reseller untuk menentukan harganya, akan tetapi dari produsen sudah mematok harga barangnya, misal produk itu dijual oleh produsen sebesar 20 ribu, untuk pemasarannya bisa kalian jadikan 21 rb. Untuk 1rb tersebut adalah untung yang kalian dapatkan. Menentukan harga tidaklah mudah, karena banyak saingan jika kalian menjual produk yang sama, dan jika saingan kalian memberikn harga lebih murah, pasti para calon pembeli akan melirik ke harga yang lebih murah.

Tempat

Tempat disini bukanlah lokasi,tetapi jejaring sosial atau situs mana yang kalian jadikan tempat untuk berjualan. Di Indonesia sudah banyak situs situs seperti ini, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, Matahai mall, Shopee, OLX, dan banyak lagi. Untuk jejaring sosial kalian bisa gunakan facebook atau instagram. Menjual produk di tempat seperti itu bukanlah urusan yang gamapang, saingan yang sangat banyak adalah kendalanya. Jika kalian ingin mendapatan pelanggan yang lebih dari saingan kalian, kalian bisa memulai dari menjual produk yang berbeda dari yang lainnya, menawarkan harga yang lebih miring, menawarkan atau promosi kestiap orang yang anda kenal untuk membeli produk di toko anda.

Sabar

Kesabaran adalah segalanya, menjaual barang tidak selalu langsung bumming. Ada kala ketika kita diatas, ada kala kita berada dibawah. Menjual produk ke konsumen memang membutuhkan kesabaran dan kerja keras serta selalu ber do'a. Jangan takut memulai hal yang memang baik untuk kalian, jangan pernah putus asa jika memang kita gagal, karena kerja keras tidak akan menghianati kita.

Disqus Comments