-->

Manfaat Cabai untuk Kesehatan


Bagi sebagian besar orang, jika kita makan tidak ada rasa pedasnya itu rasanya hambar dan kurang ada cita rasanya. Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang memberikan cita rasa pedas pada makanan dan biasanya dijadikan sebagai pelengkap rasa makanan. Ada orang yang memilih makan hanya dengan cabai saja ketimbang harus makan makanan yang tanpa ada rasa pedasnya. Walaupun sebenarnya makan makanan yang terlalu pedas itu tidak diperbolehkan , tetapi ternyata cabai itu memiliki banyak manfaat.
1. Mengurangi rasa pegal
Cabai bisa membantu mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh. Senyawa  yang terdapat  di dalam cabai adalah senyawa kapsisikol, yaitu senyawa yang dapat memberikan efek hangat untuk tubuh sehingga bisa menghilangkan rasa pegal-pegal.

2. Menurunkan berat badan
Kandungan capsaicin dan dihydrocapasite yang ada didalam cabai merah bisa membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah kita memakannya. cabai juga bisa membuat kita cepat kenyang sehingga bisa mengurangi porsi makan.

3. Mengurangi rasa nyeri
Cabai merah mengandung vitamin A, C, dihidrokapsaisin, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein dan capsaicin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Capsaicin yang ada didalam cabai bisa menghalangi aktivitas kerja otak ketika adanya sinyal rasa sakit, sehingga bisa membuat rasa sakit atau nyeri yang anda akan berkurang.

4.Menyehatkan sistem pencernaan
Menurut penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi cabai merah dengan porsi yang pas dapat membuat pencernaan kita menjadi sehat. Hal ini berarti membantah anggapan orang bahwa memakan cabai bisa membuat perut sakit.
Cabai merah juga bisa mencegah penyakit kronis pada pencernaan, membunuh bakteri penyebab tukak lambung, dan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi karena mengandung capsaicin.

5. Menangkal racun
Cabai dapat menghilangkan kotoran di dalam tubuh dan bisa meningkatkan jumlah nutrisi ke seluruh tubuh karena cabai bersifat detoxifiers. Selain itu, cabai juga bisa bertindak sebagai detoxicants gastrointestinal yang dapat membantu proses pencernaan makanan.

6. Mengurangi resiko kanker
Cabai mengandung vitamin C, asal folat, dan beta-karoten yang bisa menguragi resiko kanker usus besar. lycopene cartonoid yang ada didalam cabai juga bisa mencegah penyakit kanker.

Efek samping mengkonsumsi cabai
1. Memakan cabai setelah meminum obat atau mengkombinasikannya dapat berakibat buruk pada manusia. Tidak hanya buah cabai, semua produk cabai juga akan bereaksi cepat di tercampur dengan obat di dalam tubuh kita.
Contohnya, orang yang menggunakan aspirin, pengencer darah atau angiotensin harus menghindari semua bentuk produk cabai. Orang yang menggunakan teofilin asma juga harus menghindari menggunakan cabai merah karena akan meningkatkan risiko keracunan.


2. Ibu yang sedang hamil dilarang mengkonsumsi cabai terlalu berlebihan. Di beberapa studi ilmiah telah ditemukan bahwa cabai bisa meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur, jadi jika ingin mengkonsumsi cabai sebaiknya berkonsultasi ke dokter sebelumnya.
Disqus Comments